SELAYANG PANDANG

Dengan luas wilayah sekitar 1137,20 M2 dan terdiri dari 12 RT dan 4 RW serta mempunyai jumlah penduduk 4187 jiwa yang terdiri dari  2.072 jiwa laki-laki dan 2.115 jiwa perempuan terdiri dari 1.322 Kepala Keluarga. (per Desember 2015)

Sesuai dengan kedudukannya maka Pemerintah Kelurahan Palam berperan sebagai motivator, dinamisator dan fasilitator kegiatan pembangunan disegala bidang. Dimana dalam pelaksanaan tugasnya berusaha menjembatani program-program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah diatasnya dengan penyampaian aspirasi masyarakat. Termasuk menciptakan hubungan yang harmonis seluruh elemen dan sumber daya yang ada antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta agar menjadi satu kesatuan yang kuat dan bermartabat. Disinilah peran penting pemerintah yaitu menumbuhkan rasa memiliki dan kebanggaan (fride) terhadap lingkungannya.

Dalam pelaksanaan pembangunan di Kelurahan Palam ini, yang sangat membanggakan dan mendapat perhatian adalah peran aktif  dan swadaya masyarakat yang sangat tinggi sekali. Masyarakat sangat menyadari hak dan kewajibannya sebagai warga yang baik sehingga bukan hanya sebagai objek tapi juga sebagai subjek pembangunan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya partisipasi dan swadaya murni masyarakat mulai dari ketaatan dalam pembayaran PBB, pemberian/hibah tanah apabila terkena pelebaran jalan tanpa menuntut ganti rugi, pembangunan/rehab rumah ibadah, pembangunan fasilitas umum seperti posyandu, poskamling, sarana olah raga dan lain-lain. Meningkatnya kegiatan organisasi kemasyarakatan, perempuan dan kepemudaan. Disamping itu meningkatnya permintaan pelayanan ke kelurahan menunjukkan kesadaran masyarakat akan taat dan patuh akan aturan yang berlaku, tingginya kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan gotong royong kebersihan lingkungan. Hal ini didukung oleh pihak swasta diantaranya pengembang/developer yang ada di kelurahan ini, untuk patuh dan taat kepada aturan pembangunan perumahan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru sehingga pembangunan dapat tertata dengan baik. Selain itu secara umum pihak pengembang ini secara aktif memberikan dukungan dalam rangka kegiatan sosial pembangunan dan kemasyarakatan.