Kampung Purun Wisata Unggulan Kota Banjarbaru

Sudah tidak asing lagi nama Kampung Purun bagi warga Kalimantan Selatan khususnya Kota Banjarbaru. Terletak Di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. Semenjak dirintis oleh Lurah Palam awal tahun 2016 lalu Kampung Purun terus menunjukkan perkembangannya, terlihat dari banyaknya kunjungan-kunjungan dari berbagai kalangan, wisatawan lokal maupun mancanegara baik yang awalnya hanya penasaran ingin tahu dan membeli oleh-oleh bahkan sampai sudah menjadikan tujuan bisnis mereka yang bergerak di bidang kerajinan khususnya produk anyaman purun karena tidak sedikit pelaku usaha di Kota Banjarbaru maupun luar kota yang melakukan pesanan untuk di jual kembali.

Harapannya melihat dari terus meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kampung Purun warga masyarakat Kelurahan Palam sendiri bisa memanfaatkan peluang ini untuk bersama-sama membenahi Kampung Purun mulai dari penataan lingkungan, membuka warung kuliner, galery souvenir dan penyediaan paket wisata sampai menyiapkan rumahnya agar bisa dijadikan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap langsung di rumah warga di Kampung Purun karena akan banyak wisatawan yang ingin merasakan langsung suasana & aktifitas keseharian para pengrajin purun mulai dari mencari, menjemur, menumbuk, mewarna, menganyam sampai jadi produk kerajinan anyaman purun yang menarik.

Saat ini Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pariwisata, Pemuda & Olahraga Kota Banjarbaru menjadikan Kampung Purun salah satu dari dua Quick Win Smary City Kota Banjarbaru yaitu promosi wisata FANTASTIK (fun, taste, extra ordinary and experience). Sehingga nantinya Kampung Purun benar-benar menjadi Destinasi Wisata Unggulan Kota Banjarbaru.

bersambung . . .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *